Berjumpa lagi dengan saya di zona internetku yang merupakan tempat untuk mencari segala jenis tutorial yang berhubungan dengan dunia internet dan lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial Panduan Lengkap Microsoft Excel 2007 yang merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya yang telah membahas tentang tutorial Microsoft PowerPoint 2007, dan langsung saja kita bahas dulu bagian dasar atau unsur utama untuk mengoperasikan Microsoft Excel 2007 ini
Baca juga
Panduan Lengkap Microsoft Word 2007 Untuk PemulaKumpulan Keyboard Shortcut Microsoft Word 2007
Panduan Lengkap Microsoft PowerPoint 2007 Untuk Pemula
Mengenal Microsoft Office Excel 2007
Microsoft Office Excel 2007 merupakan sebuah software atau program aplikasi untuk mengolah angka yang dalam bentuk spreadshet yang biasa digunakan untuk kebutuhan akutansi seperti membuat rincian biaya ataupun membuat total tagihan biaya, kita juga dapat membuat data dalam bentuk grafik, tabel, dan juga gambar lainnya karena program aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dipahamiLangkah – langkah Memulai Microsoft Office Excel
Pastikan Komputer kalian sudah dalam keadaan menyala
Klik tombol Start pada taskbar (windows button)
Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Unsur Unsur Utama Pada Layar Microsoft Excel 2007
Title merupakan menu untuk menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
Office Button
Berisi barisan perintah untuk mengolah sebuah dokumen, misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
Quick Access Toolbar (Akses Cepat Toolbar)
Merupakan tombol khusus yang telah disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses mengolah dokumen, misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
Menubar
Sekumpulan menu yang didalamnya terdapat submenu dan tool lainnya
Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (alat) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mengolah sebuah lembar kerja yang ada di Microsoft Excel
Help
Sebuah tombol bantuan untuk mencari solusi pada masalah yang sedang kita alami, dan dia akan menunjukkan cara mengatasi masalah tersebut
Close Button
Untuk keluar dari program Microsoft Excel
Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
Sel (cell)
Sel merupakan penggabungan antara baris dan kolom pada lembar kerja/sheet.
Nomor Baris
Untuk menandai nomor baris yang sedang aktif pada lembar kerja
Nama Kolom
Untuk menandai nama kolom yang sedang aktif pada lembar kerja
Nama Range
Merupakan sebagai petunjuk untuk menandai sel aktif
Formula Bar
Sebuah form yang berfungsi untuk memasukkan / menginput data ataupun rumus pada sel aktif
Sheet Aktif
Sebuah lembar kerja yang aktif / sedang di olah
Kumpulan Sheets
Sebuah kumpulan lembar kerja yang ada didalam dokumen tersebut
Scrollbar Horizontal Dan Vertikal
Untuk mempermudah pengguna dalam mengolah maupun membaca suatu dokumen dengan menggeser ke berbagai arah
Zoom
Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Excel
Column Heading
Column Heading Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja sheet yang aktif
Range merupakan hasil penggabungan dari beberapa sel pada lembar kerja/sheet
Nah itu tadi merupakan pembahasan singkat mengenai Panduan Lengkap Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula yang dapat saya sampaikan, untuk tutorial selanjutnya kalian bisa melihatnya di artikel terbaru situs ini
Baca tutorial selanjutnya yaitu tentang Kumpulan Keyboard Shortcut Microsoft Excel 2007
Panduan Microsoft Office Excel 2007 Lengkap
Bab 1 Dasar Dasar Microsoft Excel
Panduan Lengkap Microsoft PowerPoint 2007 Untuk Pemula (anda disini!)
Kumpulan Keyboard Shortcut Microsoft Excel 2007
Cara Membuat, Menyimpan, Membuka Dan Menutup Dokumen Di Microsoft Excel 2007
Bab 2 Mengolah Konten Di Microsoft Excel
Cara Mengolah Data Di Microsoft Excel 2007
Melakukan Optimasi Pada Sel Di Microsoft Excel 2007
Cara Membuat, Menyortir Dan Menyaring Data Tabel Di Microsoft Excel 2007
Membuat Simbol Mata Uang Dan Satuan Di Microsoft Excel 2007
3 Cara Menulis Angka 0 (Nol) Di Microsoft Excel 2007
2 Cara Mengubah Data Vertikal Menjadi Horizontal Di Microsoft Excel 2007
Bab 3 Menggunakan Rumus Dan Fungsinya
Kumpulan Rumus Microsoft Excel 2007 Dan Fungsinya
Fungsi Referensi Relative Dan Absolute Di Microsoft Excel
Penggunaan Rumus Logika IF Di Microsoft Excel 2007
Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Microsoft Excel 2007
Cara Mengambil Karakter Di Microsoft Excel 2007
Cara Membuat Grafik (Chart) Di Microsoft Excel 2007
loading...
0 komentar:
Post a Comment